DIAMOND SELECTOR

Jangan Percaya 100% pada Diamond Selector

diamond  Selector

Diamond Selector adalah alat pendeteksi keaslian berlian, namun kita tidak boleh percaya 100% pada alat ini, kenapa?

Diamond Selector banyak keterbatasannya, dia tidak bisa membedakan antara berlian dengan permata jenis Moissanite, alhasil kita bisa ketipu. Diamond Selector adalah alat electronik yang tergantung pada baterai, kalo baterai lemah fungsinya jadi kurang sempurna, jadi berhati-hatilah bila menggunakan alat ini. kita harus selalu mengecek kesiapan alat ini untuk digunakanan jangan sampai kita rugi ratusan juta gara-gara alat ini kena gangguan.

Kelemahan lain adalah alat uji jenis ini lebih mudah rusak, misalnya jarumnya melengkung, patah dan lain-lain, kadang-kadang juga suka konslet. Jika pada posisi Konslet semua permata akan terdeteksi layaknya berlian atau sebaliknya.

Terus bagaimana Solusinya?

1. Kita gunakan lebih dari satu dimond selector, keduanya saling melengkapi. Lebih bagus lagi yang dual tester yaitu untuk menguji berlian dan Moissanite.

2. Sedangkan yang tidak boleh lupa adalah menguji dengan jarum Uji berlian, yaitu sebuah alat yang ujungnya terbuat dari berlian. Berlian adalah permata terkeras versi Mohs jadi dapat menggores semua permata yang kekerasannya di bawah berlian.

moisaanite tester

3. Alangkah baiknya kita mengetahui teknik-teknik pengujian berlian tampa menggunakan alat, namun untuk memastikan dan menambah keyakitan kita gunakan lata uji tersebut.

 

wiryo
http://emaspermata.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: