MENGENAL KRISTAL SWAROVSKI

Swarovski dan Busana

Oleh: Dyah M Nugrahani

 

Kristal Swarovski yang terkenal kini dipergunakan untuk mendisain busana, asesoris dan berbagai pernik perhiasan. Laboratorium sekarang ini memproduksi permata seperti Cubic Zirconia untuk dipadukan dengan logam mulia lainnya seperti emas, telah membantu para industrialis untuk mencapai disain permata pada tingkat yang lebih tinggi dan modis. Karena sekarang permintaan para konsumen begitu meningkat, Swarovski menjadi salah satu dari tipe batu mulia yang mengindikasikan kualitas tertinggi dari batu permata buatan manusia.

Kalung permata, gelang, ikat pinggang dan tepian baju mempergunakan kristal yang berkilauan dan kabokhon yang berani. Tas pesta dan sepatu juga ditaburi dengan manik-manik perhiasan dan kristal. Tidak heran bila para wanita memuja sepatu-sepatu Manolo Blahnik. Kristal Swarovski membuat satin Manolos berkilauan dengan energi. Disain kontemporer dunia juga jatuh cinta dengan kristal Swarovski. Pabrik kristal sekarang terus mengembangkan research dan pengembangan agar menemukan tipikal produk yang cocok dengan dunia yang berkembang dengan cepat.

Tiba-tiba muncul satu trend dimana dicantumkan bahwa kristal yang dipergunakan adalah Swarovski. Hal ini dilakukan oleh Marks and Spencer.

Swarovski

Swarovski adalah perusahaan beromzet 3 milyar dollar. Beberapa tahun terakhir ini mereka telah bangkit untuk menghadapi tantangan kompetisi negara-negara yang sedang booming seperti China dan India.

Nadja Swarovski, adalah wakil ketua dari komunikasi internasional Swarovski yang bertanggung jawab akan perkembangan terakhir dan kerja sama terakhir antara seni, perdagangan dan disain.

Ia adalah salah satu tim keluarga di Swarovski, yang bekerja memastikan bahwa merek ini tetap ada di bagian paling depan di antara permata-permata terbaru di pasaran. Kecerdasan dan kecantikannya membuatnya utusan yang tepat untuk mempromosikan produk ini. Kalung yang ia kenakan adalah disain yang paling dicari-cari. Ide disain terbaru dan inovatif memberikan Swarovski tempat secara global dalam produksi manik-manik kristal.

Coba pikirkan hal ini – pernahkah Anda mendengar kata kristal dikaitkan dengan nama merek yang lain? Anda mungkin pernah mendengar istilah Austrian, atau Czech/Bohemian yang dikonotasikan dengan kristal, tetapi sekali Anda mendengar kata Swarovski maka seketika Anda mengaitkannya dengan potongan kristal brilian dengan kualitas tertinggi.

Asal Swarovski – Sejarah Daniel Swarovski
Penemunya, Daniel Swarovski adalah seorang pembuat kristal Bohemian, yang pindah ke Austria lebih dari seabad lalu. Daniel Swarovski memiliki kemampuan teknik inovatif memotong kristal. Ia ingin mengamankan penemuan visionarinya dan menggunakannya untuk bertahan dalam kompetisi dengan para pembuat kristal Bohemian lainnya. Maka ia berpindah ke kota Tyrolean Alps town di Wattens pada tahun 1895, dimana ia membuat kerajaan kristalnya bersama keluarga dan para pengrajin lokal.
Menurut Swarovski, perusahaan ini sekarang memiliki 20,000 karyawan dan dijalankan oleh generasi ke 4 dan ke 4 dari para anggota keluarganya. Pada tahun 2006 pendapatan dunia mereka sejumlah 2.33 milyar Euros. Dua divisi utama perusahaan ini terdiri dari pabrik pembuatan kristal Swarovski lepasan dan yang kedua adalah divisi penjualan produk-produk yang telah selesai didisain.

Merek-merek industri Swarovski lainnya terkait dengan instrumen optikal, secara khusus yang dapat dicatat adalah merek Signity dari permata buatan laboratorium dan batuan permata asli. Produk-produk merek Swarovski seperti tempat lilin kristal, baik modern ataupun tradisional, sangat dikagumi di seantero dunia.

Perusahaan Swarovski terus mengerjakan konsep-konsep baru untuk mengembangkan produk-produk mereka. Mereka bekerja tanpa henti untuk menjaga posisi mereka tetap superior melawan perusahaan-perusahaan saingan mereka dari Cekoslovakia dan China.

Fashion Rocks

Dalam beberapa tahun terakhir ini Swarovski telah memberi kesempatan para disainer untuk bekerja bersama kristal Swarovski. Serangkaian fashion shows yang berjudul Fashion Rocks, adalah pertunjukan catwalk dari penggunaan inovatif dari kristal Swarovski dalam asesoris dan busana.

Adalah mudah bagi para konsumen untuk memahami bagaimana kristal dapat digabungkan dengan gaya-gaya dalam berbagai produk seperti ikat pinggang, kalung seperti yang ditunjukkan dalam disain Christopher Kane. Elemen gaya medieval dan gothic dalam fashion ini memberikan satu rasa yang kaya dari batu-batu berukuran besar bila dipergunakan dengan cara berani.



Nampak juga busana yang dihiasi dengan kristal-kristal untuk membuat satu busana yang anggun.
Nadja Swarovski telah bekerja keras mempromosikan kristal Swarovski di antara para perancang busana dengan menyediakan sejumlah materi kristal untuk digunakan bereskperimen dan membiarkan kreativitas mereka berkembang dengan liar. Seluruh busana utama telah diperlengkapi dengan kristal Swarovski dan permata buatan untuk membantu membuat konsep penggunaan seluruh kristal Swarovski dan materi batuan lainnya.

Para disainer dan rumah disain melakukan pendekatan kepada materi yang ada dengan cara yang berbeda-beda. Sebagian menghabiskan kristal secara total untuk menghiasi bahan busana. Sedangkan yang lainnya mentaburkan kristal-kristal itu dengan secara samar atau tunggal.

Para disainer itu telah menggunakan batuan dan mengaturnya seperti totem dalam arsitekturnya.

 

 

Busana dengan hiasan kristal Swarovski dari Sinha Stanic, perhatikan foto close up dari kristal-kristal itu di foto bawah.

sumber : http://vibizlife.com/fashion_details.php?id=402&sub=fashion&awal=630&page=64&pg=fashion

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: